Kamis, 20 Maret 2014

Memelihara Anjing, its Great!!!

Memiliki hewan peliharaan dianggap sebagai salah satu dari banyak faktor yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih berwarna. Berbagai hasil penelitian membenarkan adanya manfaat psikologis dan kesehatan yang dirasakan oleh para pemilik binatang peliharaan. Dan ternyata dalam masyarakat di negara industri, kemakmuran bertambah, angka kelahiran menurun dan ikatan keluarga yang longgar membuat binatang peliharaan memainkan peran psikologi yang lebih penting.


Sahabat Terbaik Manusia

Anjing merupakan salah satu dari banyak hewan peliharaan yang digemari, dan disebut sebagai "Man's Best Friend". Persahabatan dengan anjing ini dapat memberikan rasa kenyamanan bagi pemilik, denyut jantung dan tekanan darah seseorang yang sedang tegang akan turun ketika melihat binatang peliharaannya. Memelihara anjing dapat dijadikan obat stres bagi orang-orang yang mengalami tekanan. Anjing sendiri sudah menjadi terapis ahli di berbagai negara, Memiliki keterikatan dengan anjing kedengarannya seperti pengobatan yang sempurna bagi anak-anak yang kehilangan kepercayaan mereka terhadap orang-orang. Kita juga merasa nyaman saat tahu bahwa ada yang membutuhkan kita, anjing kita akan sangat membutuhkan kita, mereka akan melonjak kegirangan saat melihat kita sudah berada di depan pintu, ataupun menunjukkan wajah memelas saat meminta kehadiran kita, anjing mengisi kekosongan lingkungan kita dengan mudah.

Keamanan

Memiliki anjing juga dapat memberikan rasa aman pada pemilik. Dengan meningkatnya tindak kriminal, memelihara anjing sebagai alasan untuk menjaga rumah untuk melindungi diri mereka dan harta benda milik mereka dari tindak kejahatan. Disamping perlindungan fisik, anjing juga dapat memberikan keamanan emosional untuk menghadapi dan mengatasi rasa takut yang kita miliki, seperti saat kita sedang berada dalam tempat gelap, dll.

Interaksi Sosial

Manusia adalah mahkluk sosial, dan saya percaya anjing membantu manusia bersosial lebih baik. Banyak bukti yang menunjukan orang yang memelihara anjing lebih banyak melakukan interaksi sosial. Anjing merupakan pencair suasana yang baik dan bisa membantu kita memulai percakapan dengan orang lain, sehingga hal ini dapat mmebantu kita membina persahabatan baru. Bahkan terdapat riset yang menyatakan dimana anak- anak yang memiliki anjing akan memiliki kepercayaan diri lebih baik daripada mereka yang tidak. Bahkan memiliki anjing juga mendorong kecerdasan, riset menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan membantu anak membaca lebih baik, dan bahkan membantu kognitif anak juga.

Kesehatan

Mungkin banyak orang berpendapat bergaul dengan anjing akan memberikan resiko pada kesehatan kita. Sebenarnya memiliki anjing justru akan memberikan kesehatan bagi pemiliknya. Seperti halnya manusia, anjing juga membutuhkan olahraga rutin untuk menjaga kondisi tubuhnya. Sambil membawa anjing jalan-jalan keliling kompleks perumahan, bukankah dengan begini kita juga ikut berolahraga? 
Dan adanya penelitian yang membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah, akan menurunkan tekanan darah. Hewan peliharaan juga berdamapak sangat baik untuk kesehatan jantung. Riset menunjukkan bahwa pemilik anjing memiliki tingkat tekanan darah yang rendah, kolesterol rendah, dan risiko meninggal akibat komplikasi jantung. Hewan juga dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang optimal bagi anak. Bagi orang tua, manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan yang dapat diperoleh adalah membantu menyembuhkan penyakit Alzheimer. Tapi, kebersihan anjing pun harus tetap dijaga, agar terhindar dari penyakit.

Bagi saya sendiri, "I'm feel so happy when I have a dog, but when I have 2 dogs, that double my happiness!". And I always have plan to adding a new member to the pack! 

Berbagai sumber artikel ini:
http://anjingkamu.blogspot.com/2010/08/manfaat-memelihara-anjing_02.html
http://www.masterfuls.com/id/article/keuntungan-memelihara-anjing/
http://tipskesehatan.web.id/memiliki-hewan-peliharaan-sangat-bermanfaat-bagi-kesehatan-kita
http://female.kompas.com/read/2011/02/02/17284219/Hewan.Peliharaan.Bisa.Bikin.Cerdas
http://sainspop.blogspot.com/2010/10/anjing-sebagai-ahli-terapi-anak-terbaik.html




0 comments:

Posting Komentar

 
;